Lubis, Mei Puspita Sari (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PORTIBI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131142024_COVER.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
2. NIM. 7131142024_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. NIM. 7131142024_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. NIM. 7131142024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM. 7131142024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 7131142024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 7131142024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 7131142024_BAB I.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
12. NIM. 7131142024_BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
13. NIM. 7131142024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang di ajar dengan strategi
pembelajaran Higher Order Thinking lebih tinggi dari pada hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi SMK
Negeri 1 Portibi Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Portibi yang beralamat di Jalan
Gunungtua – Binanga Km.9. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
Akuntansi yang terdiri dari 2 kelas dengan berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan
untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal yang
dikutip penulis dari buku teks siswa yang dianggap sudah baku, sehingga validitas dan
reabilitasnya telah teruji. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah
menghitung nilai mean, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar siswa diajar dengan strategi
pembelajaran Higher Order Thinking diperoleh nilai rata-rata pretes siswa 49,4 dengan
standar deviasi 11,58 dan nilai rata-rata postes siswa 80,2 standar deviasi 7,43. Sedangkan
siswa yang diajar dengan metode konvensional diperoleh nilai rata-rata pretes 48,6 standar
deviasi 11,41 dan nilai rata-rata postes siswa 74,8 standar deviasi 6,53. Pengujian hipotesis
penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung>ttabel (2,727>1,676). Artinya hipotesis
alternatif dapat diterima pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05 dengan dk = n1+n2-2=48.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi
Higher Order Thinking berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar akuntasi pada
siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Portibi T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 146 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Higher Order Thinking, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 10:43 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26755 |