Elfilla, Nadia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DENGAN PEMBERIAN HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK DI SMK SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131142027_COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. NIM. 7131142027_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
4. NIM. 7131142027_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
3. NIM. 7131142027_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. NIM. 7131142027_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM. 7131142027_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 7131142027_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
9. NIM. 7131142027_BAB I.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
13. NIM. 7131142027_BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM. 7131142027_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Scaffolding dengan pemberian Handout lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional dengan pemberian Handout pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Budisatrya Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 74 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling yaitu 60 orang siswa masing-masing kelas diambil 30 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Scaffolding dengan pemberian Handout (awalnya = 41,666 dan S = 11,320 menjadi = 81,833 dan S = 11,483) lebih tinggi dari nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional dengan pemberian Handout (awalnya = 40,333 dan S = 10,742 menjadi = 68,666 dan S = 11,136). Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan 95% pada α = 0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2 diperoleh thitung > ttabel (4,469 > 1,671), maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Scaffolding dengan pemberian Handout lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional dengan pemberian Handout pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 147 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARN SCAFFOLDING.,METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL.,HANDOUT.,HASIL BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 10:43 |
Last Modified: | 28 Oct 2017 05:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26754 |