Dini, Sarah Aulia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133142036 COVER.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
2. NIM 7133142036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
4. 7133142036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
3. NIM 7133142036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
5. NIM 7133142036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. NIM 7133142036 TABLES.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7. NIM 7133142036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. NIM 7133142036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
9. NIM 7133142036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
13. NIM 7133142036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. 7133142036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar
akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal
Teaching lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan
menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi
di SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 6 Medan
Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 114 siswa. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling yang terdiri dari kelas
eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 38 siswa sehingga
jumlah populasi adalah 76 siswa, dari jumlah populasi 76 siswa diambil sampel
dengan tekhnik Simple Random Sampling yaitu masing-masng kelas 35 siswa.
Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar akuntansi digunakan tes.
Tes tersebut berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas,
uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan
model pembelajaran Reciprocal Teaching (awalnya X = 60,2857 dan S = 13,3363
menjadi X = 83,1429 dan S = 9,7834) lebih tinggi dari nilai hasil belajar siswa
yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional (awalnya X = 59,2857 dan
S = 12,8420 menjadi X = 74,5714 dan S = 9,5772). Dari pengujian hipotesis yang
dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan 95% pada α = 0,05 dengan dk =
n1 + n2 – 2 diperoleh thitung > ttabel (3,7038 > 1,6687), maka H0 ditolak dan Ha
diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar
dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi
secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode
pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 6 Medan
Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 148 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING, METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN HASIL BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 10:42 |
Last Modified: | 28 Oct 2017 05:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26751 |