Purba, Nasrani (2017) PENERAPAN GENIUS LEARNING STRATEGY DENGAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII SMA SWASTA BERSAMA BERASTAGI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342049_COVER.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. NIM. 7133342049_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4. NIM. 7133342049_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. NIM. 7133342049_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 7133342049_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 7133342049_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7. NIM. 7133342049_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 7133342049_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 7133342049_BAB I.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
13. NIM. 7133342049_BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM. 7133342049_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalahh rendahnya aktivitas dan hasil belajar
akuntansi siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas
dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII ips dengan menerapkan genius
learning strategy dengan metode brainstorming SMA swasta Bersama Berastagi.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Bersama Berastagi. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas XII IPS 2 yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian
ini adalah genius learning strategy dengan metode brainstorming. Penelitian ini
adalah penelitan tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi aktivitas
siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran
berlangsung. Teknik analisis data terdiri dari dua tahap yaitu data kualitatif dan
data kuantitatif.
Hasil penilitian pada siklus I diperoleh aktivitas siswa mencapai 46,66 %
keaktifan secara keseluruhan yaitu 14 orang siswa yang tergolong aktif. Di siklus
II terdapat peningkatan keaktifan mencapai 76,66 % Hal ini memenuhi kriteria
penilaian dengan perolehan minimal 21 orang siswa. yaitu 23 orang siswa
yang tergolong aktif dan sangat aktif. Untuk memperoleh hasil belajar di siklus I,
terdapat 16 orang siswa 53,33 % dengan nilai rata-rata 71,66. Dan siklus II,
persentase ketuntasan siswa keseluruhan 25 orang siswa 83,33 % dengan nilai
rata-rata 81,83, menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 10,17 poin
dari siklus I. hal ini telah memenuhi KKM yaitu 75.
Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan genius learning strategy
dengan metode brainstorming dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
akuntansi kelas XII pada materi memahami penyususnan siklus akuntansi
perusahaan dagang di SMA swasta Bersama Berastagi T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 153 |
Keywords: | GENIUS LEARNING STRATEGY;METODE BRAINSTORMING;AKTIVITAS BELAJAR;HASIL BELAJAR AKUNTANSI |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 10:42 |
Last Modified: | 28 Oct 2017 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26748 |