PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI SMK NEGERI 13 MEDAN T.A. 2016/2017

Sembiring, Eduard Prananda (2017) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI SMK NEGERI 13 MEDAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7133341005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7133341005 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7133341005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7133341005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7133341005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7133341005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7133341005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7133341005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7133341005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7133341005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7133341005 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7133341005 TABLES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7133341005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7133341005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7133341005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7133341005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7133341005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7133341005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7133341005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7133341005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7133341005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7133341005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 13 Medan T.A. 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 13 Medan kelas XI pemasaran dan kelas XI akuntansi. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI pemasaran dan XI akuntansi yang masing – masing kelas berjumlah 38 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI pemasaran sebagai kelas eksperimen dan kelas XI akuntansi sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling dimana seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini. Instrumen atau teknik pengumpulan data penelitian ini berupa hasil belajar yang berjumlah 30 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibilitasnya dan 20 soal dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan Contextual Teaching and Laerning (CTL) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan Ekspositori. Hasil uji stasistik menunjukkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran ekspositori pada pre test yakni sebesar 51,05 dan post test sebesar 68,29 sedangkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pre test yakni sebesar 46,31 dan post test sebesar 76,31. Hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 95% pada α = 0,05, diperoleh thitung >ttabel yaitu 2,827 > 1,668 maka hal ini berarti hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif penggunaan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 13 Medan T.A. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 NIAGA 073
Keywords: Pendekatan Pembelajaraan Contextual Teaching and Learning (CTL), Pendekatan Pembelajaran Ekspositori, Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Oct 2017 10:35
Last Modified: 12 Oct 2017 04:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26727

Actions (login required)

View Item
View Item