Sembiring, Eduard Prananda (2017) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI SMK NEGERI 13 MEDAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133341005 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM. 7133341005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
4. NIM. 7133341005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
3. NIM. 7133341005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM. 7133341005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 7133341005 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 7133341005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 7133341005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 7133341005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
13. NIM. 7133341005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
14. NIM. 7133341005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 13 Medan T.A. 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 13 Medan kelas XI pemasaran dan kelas XI akuntansi. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI pemasaran dan XI akuntansi yang masing – masing kelas berjumlah 38 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI pemasaran sebagai kelas eksperimen dan kelas XI akuntansi sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling dimana seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini. Instrumen atau teknik pengumpulan data penelitian ini berupa hasil belajar yang berjumlah 30 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibilitasnya dan 20 soal dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan Contextual Teaching and Laerning (CTL) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan Ekspositori. Hasil uji stasistik menunjukkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran ekspositori pada pre test yakni sebesar 51,05 dan post test sebesar 68,29 sedangkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pre test yakni sebesar 46,31 dan post test sebesar 76,31. Hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 95% pada α = 0,05, diperoleh thitung >ttabel yaitu 2,827 > 1,668 maka hal ini berarti hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif penggunaan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 13 Medan T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 NIAGA 073 |
Keywords: | Pendekatan Pembelajaraan Contextual Teaching and Learning (CTL), Pendekatan Pembelajaran Ekspositori, Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 10:35 |
Last Modified: | 12 Oct 2017 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26727 |