Ngalemisa, Jesika (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT(TEAMS GAMES TOURNAMENT) MENGGUNAKAN MACRO MEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER 2 SMA MASEHI BERASTAGI T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123121027 COVER.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
2. NIM 4123121027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
3. NIM 4123121027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM 4123121027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM 4123121027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. NIM 4123121027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
7. NIM 4123121027 TABLES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
8. NIM 4123121027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
9. NIM 4123121027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
13. NIM 4123121027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
14. NIM 4123121027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament menggunakan macro media flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester 2 SMA Masehi Berastagi T.P. 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan two group pretest-posttest design. Populasi adalah seluruh siswa kelas X semester 2 SMA Masehi Berastagi T.P. 2016/2017 terdiri dari 6 kelas dengan sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 41 orang dan kelas X6 sebagai kelas kontrol berjumlah 42 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah dinyatakan valid oleh validator, observasi aktivitas siswa berupa lembar penilaian yang digunakan oleh observer. Uji hipotesis menggunakan uji t.
Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 40,2 dan kelas kontrol 40,95. Nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 87,80 sedangkan siswa pada kelas kontrol 80,76. Nilai Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 62,0 termasuk dalam kriteria aktif. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,011 > 1,6665 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 81. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan akibat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament menggunakan macro media flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester 2 SMA Masehi Berastagi T.P. 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 194 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN;TEAMS GAMES TOURNAMENT;MACRO MEDIA FLASH;HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 15:37 |
Last Modified: | 11 Oct 2017 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26722 |