Pasaribu, Lanni Evriana (2017) PERBEDAAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA YANG MENDENGARKAN DENGAN YANG TIDAK MENDENGARKAN MUSIK PADA MATERI SISTEM INDERA DI KELAS XI IPA SMA PARULIAN 1 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133341061 COVER.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
3. NIM 4133341061 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
3. NIM 4133341061 BIOGRAFY.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM 4133341061 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM 4133341061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
6. NIM 4133341061 TABLES.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
7. NIM 4133341061 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
8. NIM 4133341061 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
9. NIM 4133341061 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
13. NIM 4133341061 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
14. NIM 4133341061 BIBLIOGRAFY.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil dan aktivitas
belajar siswa yang mendengarkan dengan yang tidak mendengarkan musik pada
materi sistem indera di kelas XI IPA SMA Parulian 1 Medan T.P 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Dimana populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Parulian 1 Medan yang terdiri dari 2
kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sampel total. Kelas XI IPA 1
dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 dengan jumlah
25 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen pada proses belajar
mendengarkan musik instrumental dan kelas kontrol pada proses belajar tidak
mendengarkan musik instrumental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata –
rata nilai pretes kelas eksperimen adalah 39,2 dan kelas kontrol adalah 39.
Kemudian rata – rata nilai postes untuk kelas eksperimen lebih tinggi yakni 76,8
dibandingkan dengan kelas kontrol yakni 56,8. Dari hasil pengujian hipotesis
diperoleh thitung > ttabel (8,58 > 1,676) berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil dan aktivitas siswa yang
mendengarkan musik dengan yang tidak mendengarkan musik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 158 |
Keywords: | PERBEDAAN; MENDENGARKAN MUSIK; HASIL BELAJAR; AKTIVITAS BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 15:36 |
Last Modified: | 10 Oct 2017 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26719 |