PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN POWER POINT PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 10 MEDAN T.A 2016/2017

Panggabean, Damayani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN POWER POINT PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 10 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4131141007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4131141007 COVER.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM. 4131141007 APPROVAL SHEET.PDF]
Preview
Other
2.NIM. 4131141007 APPROVAL SHEET.PDF - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4131141007 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4131141007 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4131141007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4131141007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4131141007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4131141007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4131141007 TABLE OF CONTENT.PDF]
Preview
Other
6. NIM. 4131141007 TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4131141007 ILLUSTRATION.PDF]
Preview
Other
7. NIM. 4131141007 ILLUSTRATION.PDF - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4131141007 TABLES.PDF]
Preview
Other
8. NIM. 4131141007 TABLES.PDF - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4131141007 APPENDICES.PDF]
Preview
Other
9. NIM. 4131141007 APPENDICES.PDF - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4131141007 CHAPTER I.PDF]
Preview
Other
10. NIM. 4131141007 CHAPTER I.PDF - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4131141007 CHAPTER V.PDF]
Preview
Other
14. NIM. 4131141007 CHAPTER V.PDF - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4131141007 BIBLIOGRAPHY.PDF]
Preview
Other
15. NIM. 4131141007 BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan powerpoint pada materi pokok sistem reproduksi manusia terhadap keaktifan siswa dan hsil belajar biologi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 10 Medan T.A 2016/2017. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan T.A 2016/2017, yaitu sebanyak 126 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Sampel diambil secara acak (random sampling) sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model ceramah yang diterapkan di SMA Negeri 10 Medan dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, masing-masing berjumlah 42 orang siswa. Sehingga jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 84 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah adalah 90,36 sedangkan hasil belajar siswa dikelas kontrol yang diajarkan menggunakan metode ceramah adalah 72,16. Keaktifan siswa pada kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah adalah 70% dengan kategori aktif sedangkan keaktifan siswa pada kelas kontrol adalah 41% dengan kategori cukup aktif. Pada hasil penelitian juga didapat bahwa kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan daya pemikiran kritis siswa dengan menyelesaikan masalah, hal ini dibuktikan dengan persen yang diperoleh siswa adalah 85% dengan kategori sangat baik. Adanya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana kriteria pengujian adalah terima H0 jika kelas kontrol = kelas eksperiman (ttabel > thitung) sedangkan Ha diterima jika kelas kontrol ≠ kelas eksperimen (thitung .> ttabel). Pada hasil penelitian didapatkan bahwa thitung = 6,37 dan ttabel = 1,98. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Power Point Pada Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia Terhadap Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 10 Medan T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 160
Keywords: Keaktifan siswa; Hasil belajar; Pembelajaran Berbasis Masalah; Powerpoint
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Oct 2017 15:36
Last Modified: 10 Oct 2017 02:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26717

Actions (login required)

View Item
View Item