Sinaga, Rafles (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 1 SILIMA PUNGGAPUNGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132121021 COVER.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
3. NIM 4123121016 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. NIM 4132121021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. NIM 4132121021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. NIM 4132121021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. NIM 4132121021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. NIM 4132121021 TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. NIM 4132121021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM 4132121021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
10. NIM 4132121021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
14. NIM 4132121021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
15. NIM 4132121021 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem
based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi
pokok Fluida Statis kelas XI IPA Semester II di SMA Negeri 1 Silima
Punggapungga T.P 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian
two group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI Semester II yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan
dengan cara purposive sampling yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen
yang berjumlah 34 orang dan Kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang
berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan ada 2 yaitu tes hasil belajar dalam
bentuk essai dengan jumlah 5 soal dan lembar observasi aktivitas. Sebelum
instrumen digunakan, instrumen terlebih dahulu di validasi oleh validator. Uji
hipotesis menggunakan analisis varians (anava) satu jalur dengan taraf α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes kelas
eksperimen sebesar 28,68 dengan standar deviasi 9,74 dan nilai rata-rata kelas
kontrol sebesar 30,69 dengan standar deviasi 7,29. Nilai rata-rata postes kelas
eksperimen adalah sebesar 77,65 dengan standar deviasi 11,01 dan kelas kontrol
sebesar 72,79 dengan standar deviasi 8,27. Hasil analisis uji normalitas dan
homogenitas menujukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil
pengolahan data postes (anava) diperoleh bahwa Fhitung = 4,08 dan Ftabel = 3,998,
sehingga Fhitung > Ftabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan
ada pengaruh yang signifikan model problem based learning (PBL) terhadap
kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok Fluida Statis di kelas XI
semester II SMA Negeri 1 Silima Punggapungga T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 192 |
Keywords: | model problem based learning (PBL); kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 09:01 |
Last Modified: | 09 Oct 2017 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26711 |