Tarigan, Lola Zoramenda (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DAN PETA KONSEP UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKRIVITAS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA 6 SMA NEGERI 13 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133341062 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 4133341062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
3. NIM. 4133341062 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 4133341062 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 4133341062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 4133341062 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4133341062 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4133341062 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4133341062 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
13. NIM. 4133341062 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 4133341062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 13 Medan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) dengan Peta Konsep pada sub materi Sistem Ekskresi Pada Manusia subjek penelitian adalah seluruh kelas XI IPA 6 SMA Negeri 13 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam dua siklus. Adapun yang menjadi indikator keberhasilan penelitian meliputi: Ketuntasan belajar, persentasi peningkatan hasil belajar siswa, dan kemampuan siswa dalam membuat peta konsep. Instrumen yang digunakan adalah test pilihan berganda sebanyak 30 soal. Hasil rata-rata pretest siswa adalah 61,6, hasil rata-rata nilai post-tes I siswa adalah 68,14, dan hasil rata-rata nilai post-tes II siswa adalah 87,21. Ketuntasan klasikal belajar siswa pada siklus I adalah 56,75% (17 orang yang tuntas), hal ini belum mencapai 85% dari hasil belajar siswa. Ketuntasan hasil belajar pada siklus II sebesar 93%(34 orang yang tuntas). Persentasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70,83% dan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 84,72%. Hasil penelitian membuktikan bahwa kombinasi model pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD) dengan Peta Konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 13 Medan .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 151 |
Keywords: | Student Teams Achivement Division (STAD); PetaKonsep; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Sep 2017 15:07 |
Last Modified: | 29 Sep 2017 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26692 |