HUBUNGAN PERSEPSI GURU TENTANG IMPLEMENTASI SUPERVISI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI KABUPATEN LABUHAN BATU

Sarimpunan (2009) HUBUNGAN PERSEPSI GURU TENTANG IMPLEMENTASI SUPERVISI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI KABUPATEN LABUHAN BATU. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 071188130049 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
071188130049 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (608kB) | Preview
[thumbnail of 071188130049 Abstrak.pdf]
Preview
Text
071188130049 Abstrak.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[thumbnail of 071188130049 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
071188130049 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[thumbnail of 071188130049 Bab I.pdf]
Preview
Text
071188130049 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 071188130049 Bab V.pdf]
Preview
Text
071188130049 Bab V.pdf - Published Version

Download (845kB) | Preview
[thumbnail of 071188130049 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
071188130049 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini yaitu Apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi guru tentang implementasi supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru, implementasi pengambilan keputusan kepala sekolah dengan kinerja guru, implementasi supervisi dan pengambilan keputusan kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi guru tentang implementasi supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru di SMP Negeri Kabupaten Labuhanbatu, untuk mengetahui hubungan antara persepsi guru tentang implementasi pengambilan keputusan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMP Negeri Kabupaten Labuhanbatu, untuk mengetahui hubungan antara persepsi guru tentang implementasi supervisi dan implementasi pengambilan keputusan kepala sekolah secara bersama¬sama dengan kinerja guru di SMP Negeri Kabupaten Labuhanbatu.Panetitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional yang dilaksanakan dengan pola kajian korelatif dengan mengklasifikasikan variabel penelitian ke dalam dua kelompok yaitu variabel bebas dan variabel terikat.Varlabel yang diteliti yaitu persepsi guru tentang implementasi supervisi kepala sekolah (X1), persepsi guru tentang implementasi pengambilan keputusan kepala sekolah (X2), dan kinerja guru (Y). Populasi penelitian yaitu seluruh guru bahasa Indonesia dan bahasa inggris di SMP Negeri Kabupaten Labuhanbatu sebanyak 85 orang dan jumlah sampel sebanyak 65 orang. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner, terlebih dahulu diujicobakan. Hasil uji coba kuesioner persepsi guru tentang supervisi kepala sekolah diperoleh dua puluh tujuh butir yang valid dengan koefisien reliabilitas 0,855, kuesioner persepsi guru tentang pengambilan keputusan kepala sekolah diperoleh dua puluh tujuh butir yang valid dengan koefisien reliabilitas 0.858, dan kuesioner kinerja guru diperoleh dua puluh delapan butir yang valid dengan koetisien reliabilitas sebesar 0,864.Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskripsi dan analisis inferensi yang meliputi analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi guru tentang implementasi supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru SMP Negen Kabupaten Labuhanbatu dengan koefisien korelasi sebesar ry1 = 0,78; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi guru tentang implementasi pengambilan keputusan kepala sekolah dengan kinerja guru SMP Negeri Kabupaten Labuhanbatu dengan koefisien korelasi sebesar ry2 = 0,69; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi guru tentang supervisi dan pengambilan keputusan kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru SMP Negeri Kabupaten Labuhanbatu dengan ry12 sebesar 0,77. Hal ini berarti semakin tinggi persepsi guru tentang implementasi supervisi dan implementasi pengambilan keputusan kepala sekolah maka semakin meningkat kinerja guru di SMP Negeri Kabupaten Labuhanbatu.Hasil penelitian ini kiranya memberikan kontribusi yang positif bagi dunia pendidikan, khususnya para kepala sekolah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu dalam meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.1 Sar h
Keywords: Kinerja guru; Kepala sekolah; Pengambilan keputusan; Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 17 May 2016 05:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2668

Actions (login required)

View Item
View Item