Lubis, Mitra Ahmadi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI PEMINATAN KELAS X IPA MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 7131141074 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. 7131141074 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
3. 7131141074 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
4. 7131141074 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. 7131141074 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. 7131141074 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7. 7131141074 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. 7131141074 BAB I.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
12. 7131141074 BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
13. 7131141074 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar ekonomi peminatan yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi peminatan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional siswa kelas X IPA MAN 2 Model Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Model Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA MAN 2 Model Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 513 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol yang masing-masing berjumlah 47 dan 46 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 tes yang diambil dari buku pegangan siswa sehingga telah dianggap valid dan reliabel sehingga tidak dilakukan pengujian lagi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotess dengan menggunakan Uji-t. Dari hasil analisis data kelas ekperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 52,128 dan 92,128. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 53,587 dan 84,891. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung = 3,468 dan ttabel = 1,986. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung>ttabel yaitu 3,468>1,986. Melalui kriteria pengujian dapat ditentukan bahwa hipotesis diterima. Dapat disimpulkan hasil belajar ekonomi peminatan yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar ekonomi peminatan yang diajarkan dengan model konvensional pada siswa kelas X IPA MAN 2 Model Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 129 |
Keywords: | Model Pembelajaran PBL; Model Konvensional; Hasil Belajar Ekonomi Peminatan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 14:10 |
Last Modified: | 27 Sep 2017 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26675 |