Roza, Sefany (2017) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN BRAINSTORMING (CURAH PENDAPAT) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2133311019 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM 2133311019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM 2133311019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM 2133311019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM 2133311019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
6. NIM 2133311019 TABLES.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
7. NIM 2133311019 PICTURE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 2133311019 APPENDICE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 2133311019 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
13. NIM 2133311019 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM 2133311019 REFERANCE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik Pembelajaran Brainstorming (Curah Pendapat) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 386 siswa kelas X. Sampel diambil secara random, yaitu kelas eksperimen 37 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-grup pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes essay. Dari pemerolehan data diketahui bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari pre-test yang hanya sebesar 62,7 pada kategori cukup menjadi 76,21 pada kategori baik saat post-test. Kemudian Lhitung = 0,12 < Ltabel = 0,14 (pre-test) dan Lhitung = 0,10 < Ltabel = 0,14 (post-test) yang berarti sampel variabel berdistribusi normal, Fhitung = 1,42 < Ftabel = 1,78 yang berarti nilai uji homogenitas berasal dari populasi yang homogen. Selanjutnya, Berdasarkan nilai t0 dan ttabel , maka dapat diketahui bahwa t0 > ttabe yakni 7,72 > 2.03. Dengan demikian, hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis diterima (Ha). Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan teknik pembelajaran brainstorming (curah pendapat) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 129 |
Keywords: | Menulis puisi; Teknik brainstorming |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 10:50 |
Last Modified: | 27 Sep 2017 07:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26666 |