PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN BRAINSTORMING (CURAH PENDAPAT) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Roza, Sefany (2017) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN BRAINSTORMING (CURAH PENDAPAT) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2133311019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2133311019 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2133311019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2133311019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2133311019 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2133311019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2133311019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2133311019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2133311019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2133311019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2133311019 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2133311019 TABLES.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2133311019  PICTURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2133311019 PICTURE.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2133311019 APPENDICE.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2133311019 APPENDICE.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 2133311019 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM 2133311019 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2133311019 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2133311019 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2133311019 REFERANCE.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2133311019 REFERANCE.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik Pembelajaran Brainstorming (Curah Pendapat) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 386 siswa kelas X. Sampel diambil secara random, yaitu kelas eksperimen 37 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-grup pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes essay. Dari pemerolehan data diketahui bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari pre-test yang hanya sebesar 62,7 pada kategori cukup menjadi 76,21 pada kategori baik saat post-test. Kemudian Lhitung = 0,12 < Ltabel = 0,14 (pre-test) dan Lhitung = 0,10 < Ltabel = 0,14 (post-test) yang berarti sampel variabel berdistribusi normal, Fhitung = 1,42 < Ftabel = 1,78 yang berarti nilai uji homogenitas berasal dari populasi yang homogen. Selanjutnya, Berdasarkan nilai t0 dan ttabel , maka dapat diketahui bahwa t0 > ttabe yakni 7,72 > 2.03. Dengan demikian, hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis diterima (Ha). Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan teknik pembelajaran brainstorming (curah pendapat) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 IND 129
Keywords: Menulis puisi; Teknik brainstorming
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Sep 2017 10:50
Last Modified: 27 Sep 2017 07:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26666

Actions (login required)

View Item
View Item