Nisa, Khairun (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR PENATAAN BARANG DAGANGAN SISWA SMKN 7 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133141049 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 7133141049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. NIM. 7133141049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
4. NIM. 7133141049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
5. NIM. 7133141049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
6. NIM. 7133141049 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7133141049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7133141049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 7133141049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
13. NIM. 7133141049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
14. NIM. 7133141049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran penataan barang dagangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI menggunakan media animasi powtoon terhadap hasil belajar siswa SMKN 7 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 7 Medan yang beralamat di JL. STM No.12 E, Sitirejo II, Medan Amplas, Kota Medan. Populasi penelitian ini terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 97 orang siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Sampel ini diambil dengan cara Purposive Sampling, sehingga terpilih kelas XI-PM1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 34 orang yang diajarkan dengan model pembelajaran SAVI menggunakan media animasi powtoon dan kelas XI-PM2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 34 orang yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan nilai Rata-Rata, Varians, Dan Standar Deviasi, Uji Normalitas, Uji Homogenitas Data dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran SAVI menggunakan media animasi powtoon lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran SAVI menggunakan media animasi powtoon adalah pre-test sebesar 45.58, Standar Deviasi = 18.65 dan post-test sebesar 78.97, Standar Deviasi = 12.41, sedangkan hasil belajar siswa menggunakan metode konvensional adalah pre-test sebesar 46.76, Standar Deviasi = 16.46 dan post-test sebesar 65.88, Standar Deviasi = 10.69. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh t_(hitung )> t_tabel yaitu 6,48 > 1,668 pada taraf siginifikansi 95% dan α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan data uji statistic serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada penguruh yang positif dan signifikan model pembelajaran SAVI menggunakan media animasi powtoon terhadap hasil belajar penataan barang dagangan siswa SMKN 7 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.