Siregar, Ipo Syahfitri (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7131141052 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM 7131141052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
3. NIM 7131141052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
4. NIM 7131141052 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM 7131141052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM 7131141052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 7131141052 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 7131141052 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
9. NIM 7131141052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
13. NIM 7131141052 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
14. NIM 7131141052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Everyone Is A Teacher Here Dan Strategi Pembelajaran Question Student Have terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, untuk mengetahui strategi pembelajaran manakah yang lebih tinggi pengaruhnya antara strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Dan Strategi Pembelajaran Question Student Have pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 1 Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 152 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X AP-2 (Eksperimen I) yang berjumlah 38 orang dan X AP-3 (Eksperimen II) yang berjumlah 38 orang. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah perangkat pembelajaran dan instrumen tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dari 25 soal pilihan berganda yang telah diuji validitasnya dengan 5 pilihan jawaban. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 78,68 dengan standar deviasi sebesar 8,75. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen II adala hsebesar 71,31 dengan standar deviasi 8,98. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = n1 + n2 -2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 4,16 dan ttabel sebesar 1,668. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,16 > 1,668) maka hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Dan Strategi Pembelajaran Question Student Have terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here lebih tinggi pengaruhnya dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 52,33% dari pada hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Question Student Have dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 47,97% pada mata pelajaran kewirausahaan Kelas X AP SMK Negeri 1 Medan T.P 2016/2017.