Bintang, Sri Elpina (2017) PENERAPAN MODEL PROBING PROMPTING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK BM SWASTA TAMAN SISWA LUBUK PAKAM T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131142043_COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM. 7131142043_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
3. NIM. 7131142043_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4. NIM. 7131142043_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM. 7131142043_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
6. NIM. 7131142043_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM. 7131142043_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 7131142043_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
9. NIM. 7131142043_BAB I.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
13. NIM. 7131142043_BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil
belajar akuntansi. Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat
dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Probing
Prompting Learning pada materi pelajaran mengelola kartu persediaan di kelas XI
Ak SMK BM Taman Siswa Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Taman Siswa Lubuk Pakam yang
beralamat di Jl.Kartini No 2 Lubuk Pakam. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas XI Ak dengan jumlah 20 orang dan objek penelitian ini adalah Penerapan
Model Pembelajaran Probing Prompting Learning untuk meningkatkan minat
dan hasil belajar akuntansi siswa. Teknik pengumpulan data dengan lembar
angket minat dan tes hasil belajar berbentuk soal essay. Teknik analisis data
menggunakan data kuantitatif dan kualitatif.
Dari data hasil obsevasi menunjukkan minat belajar siswa memenuhi skala
penilaian diatas 60%. Dari hasil analisis diperoleh data pretes sebagai hasil belajar
awal siswa yaitu 40% siswa yang tuntas. Data postes siklus I dengan 55%
sebanyak 11 siswa yang tuntas. Sedangkan siklus II dengan 80% yang tuntas
sebanyak 16 orang siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum. Ini berarti
ada peningkatan dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 25%.
Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Probing
Prompting Learning pada standar kompetensi mengelola kartu piutang dapat
meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak SMK BM
Taman Siswa Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini berarti bahwa
Model Pembelajaran Probing Prompting Learning dapat digunakan sebagai
alternative dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 137 |
Keywords: | Probing prompting learning ; minat belajar ; dan hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Sep 2017 09:21 |
Last Modified: | 20 Sep 2017 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26575 |