Sirait, Jon Mangatas Budiarto (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) KELAS X SMK NEGERI 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 5123121013 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
02 5123121013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
03 5123121013 NOT PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
04 5123121013 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
05 5123121013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
06 5123121013 FPREFACE.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
07 5123121013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
08 5123121013 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
09 5123121013 TABLE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
10 5123121013 APENDICES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
11 5123121013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
15 5123121013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
16 5123121013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui hasil belajar keselamatan dan kesehatan kerja siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping, (2) mengetahui hasil belajar keselamatan dan kesehatan kerja siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran ekspositori, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar keselamatan dan kesehatan kerja siswa kelas X SMK Negeri 1 Balige. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan desain penelitian two group pretes-postest. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Balige. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 60 orang siswa. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling (Teknik Total) terdiri dari 2 variabel, yaitu metode pembelajaran Mind Mapping (X), dan hasil belajar keselamatan dan kesehatan kerja (Y). Berdasarkan hasil penelitian, setelah diberi perlakuan dengan menerapkan kelas eksperimen, metode pembelajaran Mind Mapping diperoleh hasil belajar cukup dengan 50% dengan rata-rata hitung sebesar 74,60 dan standar deviasi 6,91.Dibandingkan dengan kelas kontrol diperoleh hasil belajar kurang dengan 46,66% dengan rata-rata hitung sebesar 68,43 dan standar deviasi 8,77. Dari hasil perhitungan uji hipotesis untuk postes diperoleh thitung > ttabel (3,075 >1,671), maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan dengan penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping (Peta Konsep) Terhadap Hasil Belajar keselamatan dan kesehatan kerja Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Balige.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MSN 061 |
Keywords: | Metode Pembelajaran Mind Mapping; ekspositori; hasil belajar keselamatan; kesehatan kerja |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 17:11 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 10:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26574 |