Martuana, Eva Christina (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN TIPE TALKING STICK DENGAN STRATEGI BRAIN GYM DI SMP PUTRI CAHAYA T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132111033 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM 4132111033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. NIM 4132111033 CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4. NIM 4132111033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
5. NIM 4132111033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
6. NIM 4132111033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
7. NIM 4132111033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4132111033 TABLES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM 4132111033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
10. NIM 4132111033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (837kB) | Preview
14. NIM 4132111033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
15. NIM 4132111033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Putri Cahaya masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan strategi Brain Gym lebih tinggi daripada model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan strategi Brain Gym pada pokok bahasan bangun datar segiempat di kelas VII SMP Putri Cahaya T.A. 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Putri Cahaya T.A. 2016/2017 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan metode cluster sampling dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen A dengan pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan strategi brain gym dan kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen B dengan pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan strategi brain gym, jumlah siswa pada masing-masing kelas adalah 42 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian (essay test) sebanyak 4 soal pretest dan 4 soal posttest yang telah dinyatakan valid.
Berdasarkan data posttest, nilai rata – rata di kelas eksperimen A sebesar 81,61, sedangkan nilai rata – rata di kelas eksperimen B sebesar 77,02. Dengan menggunakan perhitungan uji hipotesis satu arah, diperoleh t_hitung sebesar 4,18 dan t_tabel sebesar 1,66365 dengan taraf nyata ∝=0,05 sehingga t_hitung>t_tabel. Dengan demikian H_0 ditolak dan H_a diterima, artinya kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan strategi brain gym lebih tinggi daripada model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan strategi brain gym. Dari hasil penelitian dan pengujian hipotesis tersebut maka disimpulkan bahwa kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan strategi brain gym lebih tinggi daripada model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan strategi brain gym di kelas VII SMP Putri Cahaya Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 098 |
Keywords: | Pemecahan masalah; make a match; talking stick |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 17:11 |
Last Modified: | 20 Sep 2017 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26566 |