Syafitri, Anis (2017) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA DAN LAJU REAKSI UNTUK SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133131004 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 4133131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
3. NIM. 4133131004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 4133131004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM. 4133131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 4133131004 TABLES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM. 4133131004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 4133131004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
9. NIM. 4133131004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
13. NIM. 4133131004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM. 4133131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami pada pokok bahasan termokimia dan laju reaksi bertujuan (1) untuk mengetahui ada/tidaknya nilai-nilai Islami dalam materi ajar pada buku kimia SMA, (2) untuk mengetahui kelayakan rancangan modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami berdasarkan kriteria BSNP, dan (3) untuk mengetahui respon guru dan mahasiswa terhadap modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami. Penelitian ini menggunakan bagian dari metode penelitian dan pengembangan. Penelitian ini terdiri dari 3 tahapan, yaitu tahap analisis, rancangan, dan pengembangan. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui ada/tidaknya nilai Islami pada buku ajar SMA adalah daftar tilik dan instrumen untuk mengetahui kelayakan modul kimia oleh dosen dan guru menggunakan angket berdasarkan kriteria BSNP serta respon terhadap modul kimia oleh guru dan mahasiswa menggunakan angket yang telah valid. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu (1) kurang terdapat nilai-nilai Islami dalam materi ajar pada buku kimia SMA, (2) Rancangan modul kimia layak dan tidak perlu revisi yang berarti telah memenuhi standar kelayakan BSNP. Dan nilai-nilai Islami yang diintegrasikan dalam rancangan modul kimia sesuai dan tidak perlu direvisi, (3) Respon guru dan mahasiswa terhadap modul kimia mendapat tanggapan yang sangat baik dan tidak perlu direvisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 087 |
Keywords: | Modul pembelajaran; Nilai-nilai islami; BSNP |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 17:10 |
Last Modified: | 20 Sep 2017 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26565 |