Elennora, Nadia (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI KONSEP MOL YANG DIAJAR DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DAN KARTU BERPASANGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133131039 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 4133131039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
3. NIM. 4133131039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. NIM. 4133131039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5. NIM. 4133131039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 4133131039 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4133131039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4133131039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 4133131039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
13. NIM. 4133131039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 4133131039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning dengan media teka-teki silang dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning dengan media kartu berpasangan pada materi konsep mol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Pancurbatu yang berjumlah 5 kelas, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposif dengan pertimbangan kesamaan guru, sumber buku, dan roster kelas. Sehingga diperoleh kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen I diajarkan model Problem Based Learning dengan media kartu berpasangan dan kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen II diajarkan model Problem Based Learning dengan media teka-teki silang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa test pilihan berganda berjumlah 20 soal yang telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan distraktor (pengecoh). Adapun hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan model Problem Based Learning dengan media teka-teki silang dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan model Problem Based Learning dengan media kartu berpasangan pada materi konsep mol. Sebagai prasyarat uji hipotesis, data hasil belajar kedua kelompok diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test dua pihak dan diperoleh thitung= 2,5352 sedangkan ttabel(0,05;50)= 2,0086. Dikarenakan harga thitungttabel ; 2,53522,0086 maka Ha diterima. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan model Problem Based Learning dengan media teka-teki silang dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan model Problem Based Learning dengan media kartu berpasangan pada materi konsep mol. Serta disimpulkan bahwa penggunaan media kartu berpasangan menggunakan model Problem Based Learning memberikan hasil belajar lebih tinggi sebesar 21,59% dibandingkan dengan penggunaan media teka-teki silang menggunakan model Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 086 |
Keywords: | Problem Based Learning; Teka-Teki Silang; Kartu Berpasangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 17:10 |
Last Modified: | 20 Sep 2017 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26553 |