Nainggolan, Raya Sintong H. (2017) KONTRIBUSI PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS X SMAN 1 SIANJUR MULAMULA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3131111038 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 3131111038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
3. NIM. 3131111038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 3131111038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM. 3131111038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM. 3131111038 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 3131111038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
11. NIM. 3131111038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
12. NIM. 3131111038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi profesionalisme guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X SMAN 1 Sianjur Mulamula Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif sederhana, yakni menggambarkan fenomena dari suatu keadaan melalui perhitungan persentase. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan angket. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X SMAN 1 Sianjur Mulamula yang berjumlah 198 siswa, terdiri dari 6 kelas. Sampel yang digunakan adalah 20% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 40 orang siswa yang diambil secara acak sederhana (random sampling). Untuk menganalisis data yang terkumpul penulis menggunakan rumus tabel frekuensi. Dari hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa kontribusi profesionalisme guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini dibuktikan dari tabel frekuensi penelitian yang menunjukkan 85,87% kontribusi profesionalisme guru yang berarti guru PKn sudah berkontribusi tinggi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Usaha guru PKn dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 1 Sianjur Mulamula yaitu menggunakan metode-metode pengajaran dalam belajar, guru menyusun rancangan pembelajaran, guru memberikan kesempatan kepada siswa melakukan diskusi kelompok dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, guru memeriksa dan mengembalikan lembar tugas siswa, dan guru juga memberikan bimbingan atau nasihat yang dapat mengarahkan siswa kearah yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKN 037 |
Keywords: | Profesionalisme Guru; Motivasi |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 17:09 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 10:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26544 |