Ritonga, Nina Agustina (2017) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI KELAS V SD 101774 SAMPALI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111050 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1133111050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
3. NIM. 1133111050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4. NIM. 1133111050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5. NIM. 1133111050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 1133111050 TABLES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. NIM. 1133111050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1133111050 GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1133111050 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 1133111050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM. 1133111050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
15. NIM. 1133111050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran Matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II dimana pada tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa/siswi Kelas VA SD Negeri 101774 Sampali sebanyak 36 orang dengan jumlah laki – laki 23 orang dan 13 orang perempuan . Objek penelitian ini adalah penggunaan Model pembelajaran inovatif Tipe Realistic Mathematics Education (RME). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi yakni untuk guru dan siswa, angket dan juga dokumentasi. Pada awal penelitian dilakukan penyebaran Angket Rata-rata angket minat belajar pada Siklus Awal sebesar 58,65% dengan kriteria minat rendah. Pada siklus I persentase rata-rata angket minat belajar adalah 67,70% dengan kriteria minat sedang dan pada Siklus II persentase rata-rata angket minat belajar adalah 87,19% dengan kriteria minat sangat tinggi. Hasil observasi kegiatan peneliti yang dilakukan oleh Wali Kelas VA pada siklus I pertemuan 1 menghasilkan rata-rata 64,28% (Baik), Pada Siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 85,7% (Baik), Pada siklus II Pertemuan 1 meningkat menjadi 92,85% (Sangat Baik) dan pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 100% (Sangat Baik). Dari kegiatan pembelajaran dan analisis data penelitian yang diperoleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada Pelajaran Matematika Materi Pokok Perbandingan dan Skala di kelas VA SD Negeri 101774 Sampali T.A 2016 / 2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 220 |
Keywords: | Minat Belajar; RME |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 09:07 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 10:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26514 |