Huda, Silviana Rizki (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 101774 SAMPALI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111068 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 1133111068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
3. NIM. 1133111068 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM. 1133111068 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM. 1133111068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM. 1133111068 TABLES.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
7. NIM. 1133111068 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1133111068 LIST OF GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1133111068 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
10. NIM. 1133111068 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
14. NIM. 1133111068 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
15. NIM. 1133111068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II dimana pada tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa/i V SD Negeri 101774 Sampali sebanyak 36 orang dengan jumlah laki – laki 18 orang dan 18 orang perempuan . Objek penelitian ini adalah penggunaan Model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi yakni untuk guru dan siswa, angket dan juga dokumentasi. Pada awal penelitian dilakukan penyebaran Angket dari 36 siswa, motivasi belajar pada Pra Siklus sebesar 50,48% dengan kriteria motivasi rendah. Pada siklus I persentase rata-rata angket motivasi belajar adalah 64,55% dengan kriteria motivasi sedang dan pada Siklus II persentase rata-rata angket motivasi belajar adalah 86,84% dengan kriteria motivasi sangat tinggi. Observasi siswa pada Siklus I Pertemuan 1 motivasi belajar siswa rendah dengan rata-rata 58,67%, Siklus I Pertemuan 2 motivasi belajar siswa sedang dengan rata-rata 63,36%, Siklus II Pertemuan 1 motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 72,56% dan Siklus II Pretemuan 2 motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 86,87%. Hasil observasi kegiatan peneliti yang dilakukan oleh Wali Kelas V pada siklus I pertemuan 1 menghasilkan rata-rata 70,8% (Baik), Pada Siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 83,3% (Baik), Pada siklus II Pertemuan 1 meningkat menjadi 91,6% (Sangat Baik) dan pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 100% (Sangat Baik). Dari hasil analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pokok menemukan informasi dalam teks di kelas V SD Negeri 101774 Sampali T.A 2016 / 2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 219 |
Keywords: | Motivasi Belajar; Think Talk Write |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 09:07 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 09:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26513 |