Aprillia, Anggi (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBING-PROMPTING DENGAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 064993 MEDAN DELI T.A 2016/20017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111004 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM. 1133111004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
3. NIM. 1133111004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 1133111004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 1133111004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
6. NIM. 1133111004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1133111004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM. 1133111004 BAB I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
12. NIM. 1133111004 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM.1133111004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Probing-Prompting dengan metode ceramah pada mata pelajaran pelajaran IPA kelas V SD Negeri 064993 Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan SD Negeri 064993 pada semester genap Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi merupakan seluruh siswa kelas V SD Negeri 064993 Medan Deli Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 60 orang. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V B 30 siswa dan V C 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes. Tes dilakukan sebanyak 2 kali yaitu Pre Test dan Post Test. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Probing-Prompting dan metode ceramah berdistribusi normal. Untuk kelas eksperimen Lo (0,1035) < Ltabel (0,161) dan untuk kelas Kontrol Lo (0,2034) < Ltabel (0,161). Hasil uji homogenitas menunjukkan Fhitung < Ftabel = 1,01 < 1,91 disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima dengan perolehan thitung > ttabel = 3,001 > 2,000. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar IPA menggunakan metode Probing-Prompting dengan metode ceramah.
Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa kelas V B yang diajar menggunakan model Probing-Prompting dengan kelas V C yang diajar menggunakan metode ceramah di kelas V SD Negeri 064993 Medan Deli Tahun Ajaran 2016/2017. Dengan demikian hipotesis yang diambil adalah : “Ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Probing-Prompting dengan menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 064993 Medan Deli Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 218 |
Keywords: | Model Probing-Prompting; Metode Ceramah; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 09:07 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26510 |