Tampubolon, Sartika (2017) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM SWADANA TARUTUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3133122049 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM 3133122049 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
3. NIM 3133122049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM 3133122049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5. NIM 3133122049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 3133122049 TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM 3133122049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 3133122049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
12. NIM 3133122049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. NIM 3133122049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria masyarakat mengenai pelayanan kesehatan di rumah sakit dan bagaimana persepsi masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Swadana Tarutung. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada 117 responden dengan menggunakan alat pengumpul data, yaitu angket, wawancara, dan observasi. Angket pada penelitian ini terdiri dari 23 butir pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria masyarakat tentang pelayanan kesehatan terfokus pada perilaku provider yang dilihat dari keramahan provider, kedisiplinan provider serta kesigapan dari provider. Persepsi masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Swadana Tarutung, ditinjau dari 5 dimensi yang disebut dengan service quality, yaitu reliability (reliabiliti), assurance (jaminan), tangibles (tampilan fisik), emphaty (perhatian), dan responsiveness (kesigapan). Pemberian persepsi oleh masyarakat berbeda-beda, dikarenakan masyarakat berinteraksi dengan provider yang berbeda selama menggunakan jasa pelayanan kesehatan Rumah Sakit Umum Swadana Tarutung. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Swadana Tarutung adalah baik. Dengan hasil dimensi reability memperoleh rata-rata 71,96%, assurance memiliki rata-rata 72,32%, tangibles memiliki rata-rata 68,38%, emphaty memiliki rata-rata 71,15% dan responsiveness memiliki rata-rata 70,24%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ANTRO 084 |
Keywords: | persepsi; pelayanan kesehatan; Rumah Sakit Umum Swadana Tarutung |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN296 Medical anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 08:58 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26509 |