Putri, Syafrina (2017) PENGARUH KONSEP DIRI SISWA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 14 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.7133341030 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 7133341030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
3. NIM. 7133341030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM. 7133341030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
5. NIM. 7133341030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
6. NIM. 7133341030 TABLES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. NIM. 7133341030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 7133341030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 7133341030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
13. NIM. 7133341030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
14. NIM. 7133341030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Konsep Diri Siswa terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, (2) Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, (3) Pengaruh Konsep Diri Siswa dan kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 190 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Uji yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2) serta uji hipotesis yang terdiri dari uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 20.00. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y = 54,324 + 0,195 X1 + 0,111 X2 + e. Hasil uji hipotesis secara parsial (uji-t) untuk hipotesis 1 diperoleh thitung = 3.551 dan nilai signifikansi pada taraf α = 5% adalah 0,001 < 0,05 dan untuk hipotesis 2 diperoleh nilai thitung = 2.358 dengan nilai signifikansi pada taraf α = 5% adalah 0,023 < 0,05. Sedangkan uji hipotesis secara simultan (uji-f) diperoleh Fhitung = 41,533 dengan nilai signifikansi pada taraf α = 5% adalah 0,000 < 0,05. Untuk uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R2 sebesar 0,649. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 085 |
Keywords: | Konsep diri siswa; Kemandirian belajar siswa; Prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 08:58 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26506 |