Nasution, Anggita Ulan (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL STAD DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4133111006 COVER.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
2. 4133111006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
3. 4133111006 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. 4133111006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
5. 4133111006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
6. 4133111006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7. 4133111006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. 4133111006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. 4133111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
10. 4133111006 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. 4133111006 BAB V.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
15. 4133111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) lebih tinggi daripada siswa yang di ajarkan dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Muhammadiyah 3 Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan kelas VIII-B sebanyak 72 orang. Kelas VIII-A diberi Student Team Achievement Division (STAD) dan kelas VIII-B diberi direct instruction (pebelajaran langsung). Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan essay test sebanyak 5 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Dari analisis data pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre test 58,18 dan simpangan baku pre test 7,62 sedangkan nilai rata-rata post test 86,70 dan simpangan baku post test 7,33. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pre test 58,14 dan simpangan baku pre test 8,70 sedangkan nilai rata-rata post test 78,28 dan simpangan baku post test 7,18. Dari analisis data postest dengan menggunakan uji-t pada taraf = 0,05 diperoleh thitung = 2,12 dan ttabel = 1,668 yang ternyata thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan direct instruction (pembelajaran langsung) pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 094 |
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah matematis; STAD; Pembelajaran Langsung |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 08:57 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26505 |