Manullang, Andriani (2017) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TALKING STICK DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS DI SMA METHODIST 7 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133142006 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM 7133142006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (797kB) | Preview
3. NIM 7133142006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
4. NIM 7133142006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. NIM 7133142006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM 7133142006 TABLES.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. NIM 7133142006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
8. NIM 7133142006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
9. NIM 7133142006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
13. NIM 7133142006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
14. NIM 7133142006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Jigsaw dan Talking Stick di kelas XI-I IPS SMA Methodist 7 Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Methodist 7 Medan pada semester genap tahun pembelajaran 2016/2017 dengan subjek siswa kelas XI-I IPS yang berjumlah 24 orang siswa-siswi. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tahapan 2 siklus. Dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi siswa dan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa di kelas dalam pembelajaran. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan hasil analisis dari lembar observasi aktivitas siswa dengan indikator yang ditetapkan, di siklus I terdapat siswa yang aktif dan sangat aktif 13 orang ( 54.16 %). Sedangkan di siklus II terdapat peningkatan aktivitas siswa yang aktif dan sangat aktif sebanyak 20 orang (83.33%). Adanya rasa percaya diri, daya pikir yang kuat serta rasa ingin tahu dalam mengemukakan pendapat terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 34.17%. Persentase hasil belajar siklus I diperoleh data dari 24 siswa terdapat 15 orang siswa yang tuntas (62.50 %) dan pada siklus ke II diperoleh data dari 24 siswa terdapat 21 orang yang tuntas (87.50 %). Sehingga dapat diketahui bahwa peningkatan hasil belajar akuntansi dari siklus I ke siklus II sebesar 25% telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) disekolah ≥70% memenuhi kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pemebelajarn Jigsaw dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada kompetensi dasar menyusun laporan keuangan perusahaan jasa dikelas XI-I IPS SMA Methodist 7 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 083 |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Jigsaw; Model Pembelajaran Talking Stick |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 08:57 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26503 |