Manurung, Ede Manja Mayasari (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PBL DAN CTL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 BINJAI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4133311037 COVER.PDF - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. 4133311037 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (122kB) | Preview
3. 4133311037 ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. 4133311037 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. 4133311037 DAFTAR ISI.PDF - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. 4133311037 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. 4133311037 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. 4133311037 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (130kB) | Preview
9. 4133311037 BAB I.PDF - Published Version
Download (663kB) | Preview
13. 4133311037 BAB V.PDF - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. 4133311037 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe PBL lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CTL di kelas VIII SMP Negeri 5 Binjai. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi). Penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 5 Binjai ini dengan populasi yang terdiri dari lima kelas dan sampel yang diambil dengan teknik sampling acak sederhana dan pemilihan kelas secara random maka terpilih kelas VIII-3 dan kelas VIII-4 sebanyak 44 orang. Kelas VIII-4 diajar menggunakan model kooperatif tipe CTL dan kelas VIII-3 diajar menggunakan model kooperatif tipe PBL. Penelitian ini menggunakan dua buah instrument yaitu pretest dan posttest dalam bentuk uraian. Instrumen tes tersebut terlebih dahulu divalidasi oleh tiga orang validator kompeten yang berasal dari dua validator merupakan dosen dan seorang validator merupakan guru matematika dan dinyatakan valid. Dari penelitian yang dilakukan, data yang didapat telah diuji normalitas datanya dengan uji Liliefors dan homogenitas datanya menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata posttest kelas eksperimen I adalah 34,2273 dan kelas eksperimen II adalah 32,0455. Dari hasil uji hipotesis posttest diperoleh thitung > ttabel (2,5255 > 1,679). Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe PBL lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CTL di kelas VIII SMP Negeri 5 Binjai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 093 |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah; PBL; CTL |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 08:57 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26499 |