Almufida (2017) PENGARUH MICROTEACHING DAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN TERPADU (PPLT) TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FE UNIMED 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7131141006 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM 7131141006 APPROVAL SHELT.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
3. NIM 7131141006 FREFACE.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM 7131141006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5. NIM 7131141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 7131141006 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM 7131141006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 7131141006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 7131141006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
13. NIM 7131141006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
14. NIM 7131141006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini “rendahnya minat menjadi guru” mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi FE UNIMED 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh microteaching dan program pengalaman lapangan terpadu (PPLT) terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi FE UNIMED 2013. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan Fakultas Ekonomi Program Studi Pendidikan Ekonomi dengan populasi sebanyak 166 mahasiswa dan sampel berjumlah 66 mahasiswa yang diambil dengan teknik random (acak). Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, determinasi R dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu, Y^, = 41,438 + 0,304 X_1 +0,209 X_2. Sedangkan uji t menunjukkan microteaching berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru dengan nilai thitung > ttabel yakni 4,612 > 1,669 pada taraf signifikan 0,000 <0,05. Dan Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) berpengaruh positif dan dan signifikan terhadap minat menjadi guru dengan nilai thitung > ttabel yakni 2,911 > 1,669 pada taraf signifikan 0,005 < 0,05. Hasil uji f (simultan) bahwa microteaching dan Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) berpengaruh secara simultan yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru dengan fhitung > ftabel yakni 35,039 > 3,14 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi (R2) nilai Adjusted R Square sebesar 0,527 atau 52,7% bahwa perubahan minat menjadi guru dipengaruhi oleh microteaching dan Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) dan sisanya 47,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan microteaching dan Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa prodi pendidikan ekonomi FE UNIMED 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 084 |
Keywords: | Microteaching; Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT); Minat Menjadi Guru |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 08:57 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26498 |