PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XIIPS SMA NEGERI 1 GIRSIP.BOLON PARAPAT TAHUN PEMBELAJARAN 20116/2017

Saragih, Rini Permata Sari (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XIIPS SMA NEGERI 1 GIRSIP.BOLON PARAPAT TAHUN PEMBELAJARAN 20116/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 7133341045 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM. 7133341045 COVER.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 7133341045 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 7133341045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (712kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 7133341045 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM. 7133341045 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM. 7133341045 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM. 7133341045 PREFACE.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 7133341045 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM 7133341045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 7133341045 TABLES.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 7133341045 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 7133341045 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07. NIM 7133341045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 7133341045 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08. NIM 7133341045 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 7133341045 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 7133341045 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7133341045 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7133341045 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7133341045 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7133341045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Girsip. Bolon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Girsip.Bolon T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Girsip.Bolon T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 106 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah random sampling dan purposive sampling. Sebelum tes ini diberikan kepada sampel sesungguhnya, maka tes yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang dilakukan uji prasyarat yaitu dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis digunakan uji t pada taraf α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode Konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning adalah nilai rata-rata pre test 33,67, dengan nilai tertinggi 60 dan terendah 15 serta standar deviasi 13,39 dan post test sebesar 77,17 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60 serta standar deviasi 11,72. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan Metode Konvensional adalah nilai rata-rata pre test 36,83 dengan nilai tertinggi 65 dan nilai terendah 20 serta standar deviasi 13,80 dan post test sebesar 70,17dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 50 serta standar deviasi 13,42. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,15 > 1,686 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan Metode konvensional pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Girsip.Bolon T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 EKO 082
Keywords: Model PBL; Hasil belajar; Pelajaran ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Sep 2017 08:57
Last Modified: 19 Sep 2017 04:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26494

Actions (login required)

View Item
View Item