Saragih, Rini Permata Sari (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XIIPS SMA NEGERI 1 GIRSIP.BOLON PARAPAT TAHUN PEMBELAJARAN 20116/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 7133341045 COVER.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
02. NIM. 7133341045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (712kB) | Preview
03. NIM. 7133341045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
04. NIM. 7133341045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
05. NIM 7133341045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
06. NIM. 7133341045 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. NIM 7133341045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. NIM 7133341045 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. NIM 7133341045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
13. NIM 7133341045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM 7133341045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Girsip. Bolon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Girsip.Bolon T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Girsip.Bolon T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 106 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah random sampling dan purposive sampling. Sebelum tes ini diberikan kepada sampel sesungguhnya, maka tes yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang dilakukan uji prasyarat yaitu dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis digunakan uji t pada taraf α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode Konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning adalah nilai rata-rata pre test 33,67, dengan nilai tertinggi 60 dan terendah 15 serta standar deviasi 13,39 dan post test sebesar 77,17 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60 serta standar deviasi 11,72. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan Metode Konvensional adalah nilai rata-rata pre test 36,83 dengan nilai tertinggi 65 dan nilai terendah 20 serta standar deviasi 13,80 dan post test sebesar 70,17dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 50 serta standar deviasi 13,42. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,15 > 1,686 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan Metode konvensional pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Girsip.Bolon T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 082 |
Keywords: | Model PBL; Hasil belajar; Pelajaran ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 08:57 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26494 |