PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS XI - TKJ 2 SMK SWASTA AMIR HAMZAH TAHUN AJARAN 2016/2017

Mahmuda, Syarifah (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS XI - TKJ 2 SMK SWASTA AMIR HAMZAH TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1132151018_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1132151018_COVER.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1132151018_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1132151018_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1132151018_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1132151018_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1132151018_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1132151018_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1132151018_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1132151018_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1132151018_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1132151018_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1132151018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1132151018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1132151018_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1132151018_BAB I.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1132151018_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1132151018_BAB V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1132151018_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1132151018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh konseling kelompok dengan teknik Assertive Training terhadap perilaku asertif Padasiswa kelas XI – TKJ 2 SMK Swasta Amir hamzah, Medan Tahun Ajaran 2016/2017 ?”. penelitian ini bertujuan untuk untuk melihat pengaruh konseling kelompok dengan teknik Assertive Training terhadap perilaku asertif Pada siswa kelas XI – TKJ 2 SMK Swasta Amir hamzah, Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Amir Hamzah. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ialah pre-test post-test control group desain. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKJ – 2 SMK Amir Hamzah berjumlah 18 orang dengan pengambilan sampel dilakukan mengunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket yang di sebar kemudian di analisis dengan metode menggunkan uji Wilcoxon. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung = 6 dengan α = 0,05 dan n = 7, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 2 Dengan demikian Jhitung> Jtabel(6 > 2 ). Artinya hipotesis diterima. Data pre-test di peroleh rata-rata 92,14dan data post-test diperoleh rata-rata 131,28 artinya skor rata-rata siswa setelah mendapatkan layanan konseling kelompok dengan teknik Assertive Training lebih tinggi. Perubahan peningkatan interval perilaku asertif siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik Assertive Training sebesar 42%. Hal ini menunjukan ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik Assertive Training terhadap perilaku asertif Pada siswa kelas XI – TKJ 2 SMK Swasta Amir hamzah, Medan Tahun Ajaran 2016/2017 atau hipotesis dapat di terima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BK 020
Keywords: konseling kelompok; assertive training; perilaku asertik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Sep 2017 08:57
Last Modified: 19 Sep 2017 04:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26492

Actions (login required)

View Item
View Item