Saragih, Rosmaida (2017) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP ANGKASA LANUD SOEWONDO MEDAN TP 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.7133341072 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2.NIM.7133341072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
3.NIM.7133341072 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4.NIM.7133341072 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
5 .NIM.7133341072 TABLE OFF CONTENT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6.NIM.7133341072 TABLES.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7.NIM.7133341072 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
8.NIM.7133341072 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
9.NIM.7133341072 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
13.NIM. 7133341072 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
14.NIM. 7133341072 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu, sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Angkasa Lanud Soewondo Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan di SMP Angkasa Lanud Soewondo. Jln. Polonia No.99 Medan, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 74 orang. Sampel dalam penelitian diambil dengan total samping. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Validitas angket di uji dengan rumus korelasi product moment, dan untuk menguji reabilitas instrumen di gunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data adalah uji asumsi klasik ada uji normalitas, Linearitas, multikolonearitas, analisi regresi linear berganda. Dan pengujian hipotesis dengan uji t, uji F dan uji R². Berdasarkan analisis data dengan mengunakan program SPSS Versi 22. Hasil regresi linear berganda diperoleh Y = 51,520 + 0,245 X1 + 0,208X2 artinya apabila pemanfaatan perpustakaan meningkat satu satuan maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,245, dan apabila minat baca meningkat satu satuan maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,208. Pengujian secara parsial (uji t) antara pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar diperoleh dengan, t hitung 2,708 > t tabel 1,993 dengan taraf signifikan 0,008 < 0,05 yang berarti Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan.
Sedangkan hasil yang diperoleh dari pengaruh minat baca (X2) terhadap hasil belajar (Y) dengan t hitung 2,660 > t tabel 1,993 dengan taraf signifikan 0,010 > 0,05 yang berarti Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan. Hasil uji hipotesis simultan (uji F) ada pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Angkasa Lanud Soewondo Medan T.P 2016/2017 hal itu dibuktikan dengan diperoleh F_hitung > F_tabel yaitu F_hitung=25,322> F_(tabel )= 3,13 dengan nilai signifikan α= 0,000b < 0,05 yang berarti Ha diterima. Hasil uji koefisien determinasi (R Square ) sebesar 0,416. Besarnya nilai koefisien sama dengan 41,60%. Nilai tersebut menunjukan bahwa sebesar 41,60% hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Angkasa Medan dapat dipengaruhi melalui variabel pemanfaatan perpustakaan dan minat baca. Sebesar 48,40% sebagai sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara variabel pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap hasil belajar IPS siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 081 |
Keywords: | Pemanfaatan Perpustakaan; Minat Baca; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 08:56 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26489 |