Hasibuan, Sundari Syahputri (2017) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERGANTUNGAN GADGET PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 17 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER SUNDARI SYAHPUTRI HASIBUAN NIM 1133351012.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN SUNDARI SYAHPUTRI HASIBUAN NIM 1133351012.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
03. ABSTRAK SUNDARI SYAHPUTRI HASIBUAN NIM 1133351012.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR SUNDARI SYAHPUTRI HASIBUAN NIM 1133351012.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
05. DAFTAR ISI SUNDARI SYAHPUTRI HASIBUAN NIM 1133351012.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL SUNDARI SYAHPUTRI HASIBUAN NIM 1133351012.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. DAFTAR LAMPIRAN SUNDARI SYAHPUTRI HASIBUAN NIM 1133351012.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. BAB I SUNDARI SYAHPUTRI HASIBUAN NIM 1133351012.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
12. BAB V SUNDARI SYAHPUTRI HASIBUAN NIM 1133351012.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA SUNDARI SYAHPUTRI HASIBUAN NIM 1133351012.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap ketergantungan gadget pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April s/d Juni 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Pre experimental design dengan jenis Pre test-post test one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-5. Sampel ditarik dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 8 orang yang berasal dari kelas VIII dengan sampel yang heterogen. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket ketergantungan gadget berjumlah 29 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 14,5 dengan a = 0,05, adapun J tabel = 4. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 14,5 > 4. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test ketergantungan gadget pada siswa diperoleh skor rata-rata 79,97, sedangkan data post-test ketergantungan gadget pada siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 101. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok teknik problem solving lebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok teknik problem solving. Layanan bimbingan kelompok teknik problem solving memberikan kontribusi sebesar 26% terhadap penurunan ketergantungan gadget pada siswa SMP Negeri 17 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 016 |
Keywords: | Bimbingan kelompok; Problem solving; Ketergantungan gadget |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 15:27 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 09:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26450 |