Azzanina, Nanda (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PERCUT SE TUAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4133311009 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. 4133311009 LEMBAR PENGESAHAN_doc.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
3. 4133311009 RIWAYAT HIDUP_doc.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4. 4133311009 ABSTRAK_doc.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
5. 4133311009 KATA PENGANTAR_doc.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. 4133311009 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. 4133311009 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. 4133311009 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. 4133311009 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
10. 4133311009 BAB I_docx.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
14. 4133311009 BAB V_docx.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
15. 4133311009 DAFTAR PUSTAKA_doc.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung di kelas VII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2016/2017 dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 dan kelas VII-3 sebanyak 68 orang. Kelas VII-2 diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas VII-3 diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Data yang digunakan adalah pretest kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk uraian sebanyak 3 soal dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk uraian sebanyak 4 soal. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas tes menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa selisih pretest-posttest kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil analisis data selisih pretest-posttes dengan menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,402 > 1,998 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung di Kelas VII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2016/2017 dengan kata lain “terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2016/2017”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 120 |
Keywords: | pemecahan masalah; pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 10:36 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26433 |