Medina, Rafika (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK DI SMK TAMAN SISWA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342052_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 7133342052_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
3. NIM. 7133342052_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
4. NIM. 7133342052_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 7133342052_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 7133342052_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM. 7133342052_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. NIM. 7133342052_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
9. NIM. 7133342052_BAB I.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
13. NIM. 7133342052_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 7133342052_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Taman Siswa Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi jika diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Inkuiri siswa di kelas XI AK SMK Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Taman Siswa Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan menggunakan tes. Teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif. Dari data hasil tes yang dilaksanakan pada siklus 1 terdapat 19 orang dari 30 orang yang mendapat nilai ≥ 75 atau sebesar (63,3 %), dan 11 siswa mendapat nilai ≤ 75 atau sebesar (36,7 %), dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,7. Pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 26 orang (86,7%) dan siswa yang memperoleh nilai ≤ 75 sebesar 4 siswa (13,3 %) dengan nilai rata-rata 85,7. Karena hasil belajar akuntansi siswa pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK pada Standar Kompetensi Mengelola Kartu Utang di SMK Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 079 |
Keywords: | Problem based learning; Pendekatan inkuiri; Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 10:35 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26422 |