Syafrida, Dinda (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE TPS PADA MATERI ATURAN SINUS DAN COSINUS DI KELAS X SMA NEGERI 3 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132111003 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4132111003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
3. NIM. 4132111003 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 4132111003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
5. NIM. 4132111003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. NIM. 4132111003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
7. NIM. 4132111003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4132111003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 4132111003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
10. NIM. 4132111003 BAB I.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
14. NIM. 4132111003 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
15. NIM. 4132111003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi aturan sinus dan cosinus di kelas X SMA Negeri 3 Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-MIA SMA Negeri 3 Medan yang terbagi dalam 15 kelas dan yang menjadi sampel penelitian adalah 2 kelas yang dipilih dengan teknik cluster sampling yaitu kelas X MIA-4 menjadi kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas X MIA-14 menjadi kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen 1 diperoleh nilai rata-rata posttest adalah 78,44 sedangkan pada kelas eksperimen 2 nilai rata-rata posttest adalah 71,75. Setelah diuji terbukti data berdistribusi normal dan homogen. Setelah data terbukti berdistribusi normal dan homogen dilakukan uji hipotesis untuk menjawab hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t pihak kanan. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung (2,7347) > ttabel (1,6646) maka Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi aturan sinus dan cosinus di kelas X SMA Negeri 3 Medan T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 085 |
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah matematika; STAD; TPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 10:35 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26420 |