Anindita, Ariati Dara (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN TIPE NHT SMPN NEGERI 2 HINAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131111003 COVER DARA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 4131111003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
3. NIM. 4131111003 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4. NIM. 4131111003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
5. NIM. 4131111003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6. NIM. 4131111003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 4131111003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
8. NIM. 4131111003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
9. NIM. 4131111003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
10. NIM. 4131111003 BAB I.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
14. NIM. 4131111003 BAB V.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
15. NIM. 4131111003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, dan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi daripada tipe NHT SMP Negeri 2 Hinai.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan populasi seluruh siswa SMP Negeri 2 Hinai kelas VIII Tahun Ajaran 2016/2017, sebagai sampel diambil dua kelas secara acak yaitu siswa kelas VIII-A yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas VIII-D yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diberikan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini menggunakan satu jenis instrument yaitu post-test only yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis (post-test) siswa di kelas eksperimen 1 sebesar 67,01 dan nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematis (post-test) siswa di kelas eksperimen 2 sebesar 60,54. Untuk uji hipotesis digunakan uji t pihak kanan , dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 1,913 dan ttabel = 1,669, sehingga thitung > ttabel yaitu 1,913 > 1,669 maka yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT SMP Negeri 2 Hinai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 084 |
Keywords: | Kemampuan komunikasi matematis; TPS; NHT |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 10:35 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26419 |