Manurung, Chrisanti (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133111011 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 4133111011 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
3. NIM 4133111011 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4. NIM 4133111011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
5. NIM 4133111011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6. NIM 4133111011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM 4133111011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
8. NIM 4133111011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9. NIM 4133111011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM 4133111011 BAB I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM 4133111011 BAB V.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
15. NIM. 4133111011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas VIII SMP Negeri 3 Medan T.P. 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan semester II T.P. 2016/2017 yang terdiri dari 10 kelas paralel. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen I yang telah diajarkan materi volume balok dan kubus dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen II yang telah diajarkan materi volume balok dan kubus dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dimana masing-masing jumlah sampel 40 orang dalam tiap kelas. Penelitian ini menggunakan instrumen tes yaitu pretest dan posttest yang berbentuk uraian yang telah divalidasi oleh tim ahli. Dari hasil analisis data pretest disimpulkan bahwa kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata posttest pada kelas TTW adalah 80,31 dengan nilai terendah 58,33 dan nilai tertinggi 95,83. Nilai rata-rata posttest pada kelas TPS adalah 76,15 dengan nilai terendah 54,17 dan nilai tertinggi 91,67. Dari uji hipotesis data posttest pada kedua sampel diperoleh t > t ( 1,9522 > 1,667) artinya bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih baik dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas VIII SMP Negeri 3 Medan T.P. 2016/2017. Pada proses jawaban siswa, hampir sebagian besar telah sesuai dengan indikator, namun adanya perbedaan gaya diskusi dan interaksi siswa dalam berkomunikasi saat berdiskusi menyebabkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada tipe TPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 082 |
Keywords: | Komunikasi Matematis; Think Talk Write; Think Pair Share |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 16:49 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 07:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26401 |