PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK BM SINAR HUSNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Sopa, Nailis (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK BM SINAR HUSNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7131142028_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7131142028_COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7131142028_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7131142028_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7131142028_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7131142028_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7131142028_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7131142028_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7131142028_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7131142028_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7131142028_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7131142028_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7131142028_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7131142028_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7131142028_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7131142028_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7131142028_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7131142028_BAB I.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7131142028_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7131142028_BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7131142028_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7131142028_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media Flipchart lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional dengan media Flipchart pada siswa kelas XI Akuntansi SMK BM Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Sinar Husni Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK BM Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 153 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunkan adalah Purposive Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 39 orang sehingga jumlah populasi adalah 78 orang, dari jumlah populasi 78 orang diambil sampel dengan tekhnik Simple Random Sampling yaitu masing-masng kelas 30 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media Flipchart (awalnya X ̅ = 37,00 dan S = 8,57 menjadi X ̅ = 81,83 dan S = 9,04) lebih tinggi dari nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional dengan media Flipchart (awalnya X ̅ = 32,83 dan S = 9,16 menjadi X ̅ = 73,67 dan S = 8,60). Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan 95% pada α = 0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2 diperoleh thitung > ttabel (3,562 > 1,671), maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media Flipchart lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional dengan media Flipchart pada siswa kelas XI Akuntansi SMK BM Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2016/207.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 AKT 076
Keywords: Model pembelajaran creative problem solving; Metode pembelajaran konvensional; Media flipchart; Hasil belajar akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Sep 2017 16:48
Last Modified: 14 Sep 2017 08:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26390

Actions (login required)

View Item
View Item