Fitri, Marliana (2017) ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123131056 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM 4123131056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. NIM 4123131056 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM 4123131056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. NIM 4123131056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM 4123131056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
7. NIM 4123131056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4123131056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
9. NIM 4123131056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
10. NIM 4123131056 BAB I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
14. NIM 4123131056 BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15. NIM 4123131056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang signifikan melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri dengan media Teka-Teki Silang dan media Ular Tangga; (2) apakah ada perbedaan kerjasama siswa yang signifikan yang diajarkan melalui penerapan moddel pembelajaran Inkuiri dengan menggunakan media Teka-Teki Silang dan media Ular Tangga; (3) korelasi hasil belajar dengan kerjasama siswa pada penerapan model pembelajaran Inkuiri dengan media Teka-Teki Silang; (4) korelasi hasil belajar dengan kerjasama siswa pada penerapan model pembelajaran Inkuiri dengan media Ular Tangga. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Karang Baru Kab. Aceh Tamiang kelas XI MIA sebanyak dua kelas yang terdiri dari 27 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif dan lembar observasi yang sudah terstandarisasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini: (1) Uji t pihak kanan (Paired-Sample T-test); (2) Uji t dua pihak (Independent Sample T-test); (3) Korelasi Product Moment (Correlate-Bivariate). Hasil penelitian menunjukkan, untuk kelas eksperimen I (44,074±2,417). Untuk kelas eksperimen II (42,037±4,220). Hasil uji t data peningkatan hasil belajar kelas eksperimen I diperoleh thitung = 94,764 dan ttabel = 1,71 dan kelas eksperimen II diperoleh thitung = 51,764 dan ttabel = 1,71 sehingga thitung > ttabel berarti Ha diterima. Selanjutnya rata-rata nilai kerjasama siswa pada kelas eksperimen I sebesar 82,30, kelas eksperimen II sebesar 77,78 dan hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 0,72, kelas eksperimen II sebesar 0,64. Hasil uji t data kerjasama diperoleh thitumg = 2,509 dan ttabel = 2,00 sehingga thitung > ttabel berarti Ha diterima. Uji korelasi antara kerjasama siswa dan hasil belajar kelas eksperimen I diperoleh rhitung = 0,949 dan rtabel = 0,381, sehingga rhitung > rtabel maka Ha diterima. Di kelas eksperimen 2 diperoleh rhitung = 0,938 dan rtabel = 0,381, sehingga rhitung > rtabel maka Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 073 |
Keywords: | Model inkuiri; Media teka-teki silang; Media ular tangga; Hasil belajar dan kerjasama |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 16:47 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26384 |