Marbun, Marlina (2017) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 7132141025 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
02. NIM. 7132141025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
03. NIM. 7132141025 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
04. NIM. 7132141025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
05. NIM. 7132141025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
06. NM. 7132141025 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
07. NIM. 7132141025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
08. NIM. 7132141025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
09. NIM. 7132141025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
13. NIM. 7132141025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
14. NIM. 7132141025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Medan T.A 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Medan, Jl. Karang Sari No.435 Medan Polonia, adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa yaitu terdiri dari 2 kelas yakni kelas XI IPA 1 dan IPA 2 yang. Dan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Sebelum penelitian dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas angket. Analisis yang digunakan dalam penelitin ini adalah analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dilakukan dengan uji secara parsial (uji t) daan uji secara simultan (uji F).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (4,213>1,995). 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (2,562 > 1,995). 3) terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan antara minat belajar ekonomi dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai Fhitung>Ftabel (56,371 > 3,14). Besarnya sumbangan dan kontribusi antara variable bebas terhadap variable terikat yang diperoleh melalui perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 0,634 yang artinya sebesar 63,4 %% prestasi belajar siswa (Y) dipengaruhi oleh minat belajar (X1) dan kompetensi guru (X2). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 076 |
Keywords: | Minat belajar; Kompetensi guru; Prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 16:47 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26381 |