Harahap, Ayu Atika Sari (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) DAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 02 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 7132141042 COVER .PDF - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. 7132141042 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (339kB) | Preview
3. 7132141042 ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. 7132141042 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. 7132141042 DAFTAR ISI.PDF - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. 7132141042 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. 7132141042 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. 7132141042 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (62kB) | Preview
9. 7132141042 BAB I.PDF - Published Version
Download (261kB) | Preview
13. 7132141042 BAB V.PDF - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. 7132141042 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi kelas XI SMA Muhammadiyah 02 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 02 Medan T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 02 Medan yang terletak di Jalan Abdul Hakim No. 2 Tanjung Sari, Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI IS yang jumlahnya 81 orang. Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 52 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling yaitu dengan menggunakan dua kelas yaitu XI IS 1 sebagai kelas eksperimen I dan XI IS 2 sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 item tes dengan 5 pilihan option. Dimana sebelumnya telah diuji cobakan untk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) (= 83,85 dan SD = 8,52) lebih tinggi daripada yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) (= 79,61 dan SD = 7,06). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji statistic atau uji t. hasil perhitungan yang didapat menunjukkan bahwa thitung = 1,95 dan setelah dibandingkan dengan harga ttabel = 1,67 ternyata thitung > ttabel yaitu 1,95 > 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi pada yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 02 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 073 |
Keywords: | Model Pembelajaran CORE; Model P[embelajaran TTW; Hasil Belajar; Pelajaran Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 14:54 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26367 |