Melawati, Heni (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK SWASTA TENGKU AMIR HAMZAH INDRAPURA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131142015 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 7131142015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3. NIM. 7131142015 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 7131142015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM. 7131142015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
6. NIM. 7131142015 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7131142015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7131142015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 7131142015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
13. NIM 7131142015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 7131142015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write dengan pendekatan Scientific lebih tinggi dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional dengan pendekatan Scientific siswa kelas X di SMK Swasta Tengku Amir Hamzah Indrapura. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Tengku Amir Hamzah Indrapura yang beralamat di Jalan Syarifuddin No.39 Tanjung Kubah, pada tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol yang masing-masing berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakn Uji-t. Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 58 dan 82. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 54 dan 73. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung = 2,75 dan ttabel = 1,68. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung > ttabel yaitu 2,75 > 1,68. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan menggunakan dengan model pembelajaran think talk write dengan pendekatan scientific lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan pendekatan scientific pada siswa kelas X SMK Swasta Tengku Amir Hamzah Indrapura Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 075 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Think Talk Write; Pendekatan Scientific; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 14:54 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26364 |