Sahriah, Elvi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT DENGAN PENDEKATAN SCL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI DI SMA DARUSSALAM MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1._NIM_7131141033_COVER.PDF - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM 7131141033 SURAT PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (607kB) | Preview
3._NIM_7131141033_KATA_PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (316kB) | Preview
4._NIM_7131141033_ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (429kB) | Preview
5._NIM_7131141033_DAFTAR_ISI.PDF - Published Version
Download (192kB) | Preview
6._NIM_7131141033_DAFTAR_TABEL.PDF - Published Version
Download (176kB) | Preview
7._NIM_7131141033_DAFTAR_LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (138kB) | Preview
8._NIM_711141033_BAB_I.PDF - Published Version
Download (459kB) | Preview
12._NIM_7131141033_BAB_V.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13._NIM_7131141033_DAFTAR_PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Darussalam Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Point Counter Point dengan pendekatan SCL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Darussalam, Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Darussalam, Medan T.A 2016/2017, dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Darussalam Medan yang berjumlah 86 siswa. Jumlah sampel sama dengan jumlah seluruh populasi, kelas X-1 sebagai kelas kontrol dan kelas X-2 sebagai kelas ekperimen. Masing-masing kelas berjumlah 43 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 item yang sudah diujicobakan sebelumnya untuk mengetahui tingkat validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda setiap soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data yang diperoleh, nilai rata-rata untuk kelas eksperimen pretest = 42.20 SD 10.59 dan rata-rata post-test = 81.74 SD = 7.14. sedangkan rata pretest kelas kontrol = 41.97 SD = 10.75 dan rata post test = 77.55 dan SD = 61.51. untuk pengujian hipotesis pada nilai post-test siswa setelah diberikan perlakuan yang berbeda diperoleh t_hitung = 4.47 dan t_tabel = 1.99 pada taraf nyata α = 0.05 dan dk = 43 + 43 – 2 = 84. Jika t_hitung > t_tabel atau 4.47 > 1.99, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran point counter point dengan pendekatan SCL terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Darussalam Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 069 |
Keywords: | Hasil belajar ekonomi; Model pembelajaran point counter point |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 14:54 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26359 |