Hardianti, Anisha (2017) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN SENSE OF HUMOR DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA DARUSSALAM MEDAN TA 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 7131141008 COVER.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
NIM 7131141008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
NIM 7131141008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
NIM 7131141008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
NIM 7131141008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
NIM 7131141008 TABLES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
NIM 7131141008 ILLUSTRASION.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
NIM 7131141008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
NIM 7131141008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
NIM 7131141008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
NIM 7131141008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kompetensiguru dan Sense of humor guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Darussalam Medan T.A. 2016/2017. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensiguru dan Sense of humor guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Darussalam Medan T.A. 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Darussalam, Medan T.A 2016/2017, dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Darussalam Medan yang berjumlah 45 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Issac dan Michael dengan teknik Simple Random Sampling, yaitu anggota populasi sebanyak 42 siswa dijadikan sebagai sampel, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur kompetensi guru dan sense of humor guru berupa angket. Validitas tes diuji dengan menggunakan product moment dengan hasil dari masing-masing variabel kompetensi guru dan sense of humor guru dinyatakan 24 soal valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk reliabilitas kompetensi guru adalah sebesar 0,930 > 0,338 (rhitung > rtabel) dan sense of humor guru adalah sebesar 0,926 > 0,338(rhitung > rtabel). Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linear berganda Y= 0,640+ 0,614 X1 + 0,545X2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t pada taraf signifikan alpha 5%, hasil yang diperoleh menunjukkan kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dimana thitung > ttabel (4,660 > 2,02). Dan sense of humor guru berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dimana thitung > ttabel(4,544> 2,02). Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan variabel kompetensi guru dan sense of humor guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Darussalam Medan T.A. 2016/2017 dengan nilai Fhitung > Ftabel (107,268 >3,24).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru dan sense of humor guru berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Darussalam Medan T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 068 |
Keywords: | Kompetensi guru; sense of humor; Prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 14:54 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26358 |