Siregar, Febrianto (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI DI KELAS X AK SMK SWASTA TUNAS KARYA BATANG KUIS TP 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133142017 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 7133142017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
3. NIM 7133142017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
4. NIM 7133142017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5. NIM 7133142017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 7133142017 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7133142017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7133142017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7133142017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
13. NIM 7133142017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM 7133142017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan strategi pembelajaran The Power of Two lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional siswa kelas X Ak di SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis T.P 2016/2017 yang beralamat di Jln. Tanjung Morawa, Batang Kuis, Kecamatan Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ak SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 133 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu 40 siswa di X Ak 1 sebagai kelas eksperimen dan 40 siswa di kelas X Ak 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan 5 option. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t pada taraf α= 0,05. Dari hasil analisis data kelas eksperimen 1 nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 41,50 dan 79,38 dengan standar deviasi 15,49 dan 11,67. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 42,25 dan 71,75 dengan standar deviasi 14,36 dan 12,74. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung=2,7898 dan ttabel = 1,667. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung > ttabel yaitu 2,7898 > 1,667. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan strategi pembelajaran The Power of Two lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional siswa kelas X AK di SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 072 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi; The Power of Two; Konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 14:54 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26354 |