Tambunan, Clara (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133142009 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 7133142009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
3. NIM 7133142009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
4. NIM 7133142009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM 7133142009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
6. NIM 7133142009 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7133142009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7133142009 APPANDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 7133142009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
13. NIM 7133142009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 7133142009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan Model Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X AK di SMK Negeri 6 Medan T.P. 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada SMK Negeri 6 Medan yang beralamat di Jalan Jambi Nomor 23D Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 107 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan menggunakan teknik undian dimana kelas X AK 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AK 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa sehingga jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 60 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 65,33 dengan standar deviasi = 7,53 dan nilai rata-rata post-test siswa = 79 dengan standar deviasi = 9,50. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol = 65 dengan standar deviasi = 7,42dan nilai posttest siswa = 69,17 dengan standar deviasi = 7,88. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung<Ltabel) dan homogen (Fhitung<Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung>ttabel (4,70> 1,671), yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95% atau α 0,05% dengan dk= n1+ n2-2 = 58. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X AK di SMK Negeri 6 Medan T.P 2016/ 2017pada pokok bahasan jurnal penyesuaian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 071 |
Keywords: | Model Pembelajaran Learning Cycle 7E; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 14:54 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 02:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26353 |