Anissa (2008) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DIKELAS X MIA MADRASAH ALIYAH NEGERI LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.docx.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan Skripsi.docx.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. Abstrak.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. Kata pengantar.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. Daftar isi.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan
menggunakan LKPD melalui pendekatan saintifik pada pembelajaran pencemaran
lingkungan terhadap hasil belajar siswa di kelas X MIA MAN Lubuk Pakam
tahun pembelajaran 2016/2017. Untuk mengetahui keefektifitasan pembelajaran
dalam penelitian ini menggunakan kriteria : (1) Ketuntasan belajar siswa tuntas
secara klasikal (2) Peningkatan ketrampilan proses dan sikap siswa tercapai dan
(3) Hasil observasi dikategorikan baik. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah
seluruh siswa kelas X MIA-4 MAN Lubuk Pakam yang berjumlah 40 orang.
Instrumen penilaian dalam penelitian ini ada 3 yakni instrumen kognitif,
psikomotorik dan afektif. Pada siklus I kemampuan kognitif diperoleh nilai ratarata
sebesar 77,96 dan hasil siklus II adalah 84,06. Ketuntasan klasikal siswa
pada siklus I sebesar 60% (24 siswa/ tuntas) dan siklus II ketuntasan klasikal
sebesar 92,5% (37 siswa/ tuntas). Tindakan dihentikan pada siklus II dengan
tercapainya kriteria ketuntasan klasikal. Hasil observasi kemampuan psikomotorik
siswa mengalami peningkatan dari pada siklus I (78,75) ke siklus II (87,46).
Untuk kemampuan afektif juga mengalami peningkatan rata-rata yang diperoleh
dari pada siklus I (83,75) ke siklus II (88,50). Hasil penelitian, menunjukkan
bahwa pembelajaran dengan menggunakan LKPD melalui pendekatan saintifik
efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa baik kemampuan kognitif,
psikomotorik dan afektif terbukti dari tercapainya ketiga kriteria keefektifan
pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 088 |
Keywords: | efektivitas, LKPD, pendekatan saintifik, psikomotorik, afektif |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180 Experimental psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 12:03 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26343 |