ANALISIS PERSEPSI SISWA PADA KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIA DI MAN 4 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Budiputri, Ayu Puspita (2017) ANALISIS PERSEPSI SISWA PADA KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIA DI MAN 4 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133341012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133341012 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133341012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133341012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133341012 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133341012 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133341012 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133341012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133341012 KATA PENGANTAR .pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133341012 KATA PENGANTAR .pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133341012 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133341012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133341012 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133341012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133341012 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133341012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133341012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133341012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4133341012 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4133341012 BAB I.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133341012 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133341012 BAB V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4133341012 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4133341012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) persepsi siswa terhadap kompetensi guru biologi dalam proses belajar mengajar, (2) adanya hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar biologi siswa, dan (3) besarnya kontribusi persepsi siswa tentang kompetensi guru biologi terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumen sekolah. Angket digunakan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi guru sedangkan dokumen berupa hasil nilai ulangan mid semester biologi siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat persentase kompetensi guru biologi di MAN 4 Medan berada di tingkat yang tinggi dengan pesentase kompetensi pedagogik sebesar 79,23%, Profesional sebesar 83,16%, Kepribadian sebesar 84,63% dan Sosial sebesar 74,29%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi guru biologi terhadap hasil belajar biologi siswa. Dimana rxy (rhitung) sebesar 0,64 dengan nilai rt(rtabel) dalam α5%, N= 118 adalah 0,1793. Sehingga rhitung> rtabel atau 0,64>0,1793. Hal ini menunjukkan bahwa korelasi antara dua variabel tersebut berarti (signifikan), (3) besarnya kontribusi persepsi siswa pada kompetensi guru biologi terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA di MAN 4 Medan sebesar 40,96% dan sisanya 59,04% ditentukan oleh faktor lain yang dalam penelitian ini tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 092
Keywords: Kompetensi Guru; Hasil Belajar Biologi,Kompetensi Sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Sep 2017 12:02
Last Modified: 14 Sep 2017 02:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26340

Actions (login required)

View Item
View Item